WEBINAR INTERNASIONAL HMJ TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS, POLKKESYO



28 May 2023




Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mengadakan kegiatan Spiral Webinar Internasional bertemakan “The Role of the Medical Laboratory Technologist in the Era of Unknown Etiology Cancer Detection With Advanced Technology in Asia”. Target sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, mahasiswa kesehatan, mahasiswa umum, tenaga ahli laboratorium medis, tenaga medis dan masyarakat umum. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta webinar baik tenaga kesehatan maupun masyarakat umum tentang peran tenaga kesehatan khususnya Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM).

Spiral Webinar Internasional Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Tahun 2023 bertempat di Ruang Kuliah 5 Kampus Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl. Ngadinegaran MJ 3 No.62, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141. Dilakukan secara virtual melalui media aplikasi Zoom meeting. Webinar Internasional ini diadakan pada hari Sabtu Pon, 27 Mei 2023 pukul 08.00 WIB – 14.30 WIB. Jumlah peserta yang mengikuti acara ini ada 822 orang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes dan Ketua Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Polkesyo yaitu Ibu Muji Rahayu, S.Si., Apt., M.Sc . Narasumber yang pertama    adalah Ibu Muji Rahayu, S.Si., M.Sc sebagai Dosen Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Polkesyo dengan materi yang dibahas adalah “Overview of cancer etiology”. Narasumber kedua yaitu Charito Manzano Bermido. Sebagai Dosen di Centro Escolar University, Philippines dengan materi yang disampaikan adalah “Histological examination in cancer detection in Asia”. Narasumber ketiga yaitu Siriporn Proungvitaya, Ph.D sebagai Dosen Khon Kaen University, Thailand dengan materinya yaitu “A new method for detecting cancer in Asia ”. Narasumber yang keempat yaitu Prof. Dr. Mohd Nazil Salleh sebagai Dosen di University College of MAIWP International, Malaysia dengan materi “The prevention of cancer with vacciness.

 

Pemaparan materi oleh para narasumber dipandu oleh  moderator yaitu Anindya Putri Nariswari dan Azzahra Aqila Nibras Shasi Fitri sebagai Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pada akhir pemaparan materi diadakan sesi tanya jawab untuk para peserta. Kegiatan webinar Internasional berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kendala. Acara dimulai dengan tepat waktu, dan selesai dengan tepat waktu sesuai dengan susunan acara, dipandu oleh Regina Putri Farahdiba. Setelah acara Webinar Internasional selesai, diadakan evaluasi kegiatan untuk membahas kekurangan dan kendala yang dialami saat pelaksanaan kegiatan.