PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU JURUSAN TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA 2022/2023



25 Aug 2023




Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah mengadakan kegiatan serangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Jurusan Teknologi Laboratorium Medis dengan tema “Chakra Adhinata”. Target sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang belum mengikuti/lulus PKKMB tahun 2022 Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus. Selain itu, kegiatan PKKMB Jurusan bagi mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ini diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan mahasiswa baru Jurusan Teknologi Laboratorium Medis mengenai lingkungan kampus, serta dapat menggali dan mengembangkan potensi, bakat dan kreatifitas mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta khususnya mahasiswa baru Jurusan Teknologi Laboratorium Medis.

Kegiatan Serangkaian PKKMB Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang telah dilaksanakan diawali dengan Gathering Jurusan pada tanggal 1 Juli 2023 secara Daring melalui Zoom Meeting Room, kemudian dilanjut dengan kegiatan PKKMB Jurusan pada tanggal 6 Juli 2023 secara Daring melalui Zoom Meeting Room/Hybrid dan diakhiri dengan Kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah pada tanggal 10 Juli 2023 secara Daring melalui Zoom Meeting Room/Hybrid. Kegiatan ini telah dilaksanakan di Kampus Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Kegiatan Gathering Jurusan diisi oleh beberapa pemateri yaitu perwakilan Imatelki, SKI, HMPS, Bidang 2 HMJ dan Ketua HMJ. Kegiatan Gathering Jurusan ini diawali dengan pembacaan tata tertib oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Iagu Indonesia Raya, Mars Polkesyo dan Mars WBK serta pemaparan materi oleh para narasumber. Kemudian acara ditutup dengan foto bersama dan pemaparan penugasan oleh perwakilan divisi acara.

Kemudian Kegiatan PKKMB Jurusan yang diisi oleh pemateri yaitu Ketua Jurusan, Penanggung Jawab Kemahasiswaan dan Alumni, Kaprodi D3 dan D4, administrasi akademik perkuliahan (ADAK) serta organisasi profesi PATELKI dan IAPKY. Kegiatan PKKMB Jurusan diisi dengan materi mengenai tata kelola jurusan, struktur program dan kurikulum di masing-masing prodi, administrasi akademik perkuliahan, kemahasiswaan dan organisasi profesi. Kegiatan PKKMB Jurusan ini juga diakhiri dengan room tour dimana mahasiswa dibagi sesuai dengan kelompok mentornya masing-masing yang bertujuan agar mahasiswa baru dapat segera beradaptasi dan mengetahui lingkungan dan tata ruang kampus Jurusan Teknologi Laboratorium Medis.

 

Terakhir yaitu kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah yang di isi oleh narasumber dari Ibu Ns. Furaida Khasanah, M.Kep dari Dosen Jurusan Keperawatan, Bapak Budi Martono, S.Pd, M.Sc dari Dosen Jurusan Teknologi Laboratorium Medis dan Perwakilan Mahasiswa Berprestasi saudara Wahyu Adi Pratama dari Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis. Kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah yang merupakan dalam serangkain PKKMB Jurusan Teknologi Laboratorium Medis yang dihadiri oleh beberapa narasumber dimana narasumber ini mengangkat topik mengenai Hak Cipta dan Hak Paten dalam Penulisan KTI, Mengembangkan Alur Berfikir dan motivasi dari perwakilan mahasiswa berprestasi. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa baru lebih paham dan mengerti mengenai Karya Tulis Ilmiah dan memiliki bekal untuk nantinya ketika akan membuat sebuah Karya Tulis Ilmiah.