Pembentukan Kader TBC mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis, PolKesYo



17 Mar 2023




Tingginya angka penderita TBC di Indonesia saat ini masih cukup tinggi. Vaksin dan obat sudah ditemukan bertahun tahun yang lalu namun belum dapat mengatasi penurunan signifikan. Saat ini upaya yang Pemprov DI Yogyakarta adalah dengan membentuk kader TBC dari kalangan mahasiswa.

Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (JTLM), Poltekkes Kemenkes Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DI Yogyakarta melakukan impelementasi Kerjasama dengan pembentukan kader TBC. Pelatihan Kader dilaksanakan hari rabu pada tanggal 15 Maret 2023 di Ruang Rapat JTLM Polkesyo. Kegiatan tersebut disambut baik oleh Ketua Jurusan TLM Subrata Tri WIdada, SKM, MSc dengan harapan program tersebut dapat berlanjut, dan selain itu Wakil Direktur 1 DR. Yuni Kusmiyati, S.ST, M.Kes menyampaikan bahwa program tersebut merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Acara tersebut dilanjutkan dengan sesi materi yang disampaikan oleh Apt, Edwin Daru Anggara, M.Sc, MPH.yang menyampaikan tentang kebijakan dan situasi TBC di DIY. Materi kedua disampaikan oleh dr. Novi Husmarini, MARS. Tentang gejala, factor resiko, Pncegahan dan Pengobatan TBC.  Dan acara terakhir adalah mahasiswa mempraktikan diri sebagai kader TBC.