Mahasiswa TLM Juara 3 Lomba Perancangan Teknologi Kesehatan Tingkat Nasional



13 Dec 2021




Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (JTLM) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Polkesyo) beranggotakan Wahyu Adi Pratama, Muhammad Burhanudin, Bima Prinanda Nugraha, dan Muhammad Hafiz Anshari meraih Juara 3 Lomba Perencanangan Teknologi Kesehatan (PKM-T) pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Poltekkes Kemenkes (PIMNASKES) ke-1.

Karya ilmiah yang dilombakan untuk perlombaan ini mengambil tema Portable Orbital Shaker for Effectivity Immunology Assay for Aglutination Method. Pembuatan karya ini bertujuan untuk membantu melakukan homogenisasi secara otomatis untuk pengujian imunologi untuk mengetahui adanya aglutinasi pada sampel.

Selain itu mahasiswa juga melakukan pembuatan Mobile Phone Adaptor Clip for Microscope yang berfungsi sebagai alat bantu pengambilan gambar dimikroskop menggunakan mobile phone. Karya ini mendapatkan sambutan antusias dari Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) dengan memberikan tanda tangan sebagai bentuk penghargaan terhadap karya tersebut.

Bapak Budi Martono S.Pd M.Sc selaku pembina menyampaikan bahwa pembuatan Portable Orbital Shacker dan Mobile Phone Adaptor Clip dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa dengan software khusus dan dibentuk menggunakan printing 3D.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Poltekkes Kemenkes (PIMNASKES) yang dilaksanakan pada 14-16 November 2021 diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Pusdik SDMK) sebagai ajang unjuk kemampuan dan kompetisi kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) antar Poltekkes Kemenkes se-Indonesia.

Selain sebagai ajang kompetisi, PIMNASKES juga dirancang menjadi wadah bagi peserta mahasiswa untuk berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermanfaat serta memperluas jejaring di bidang ilmiah tingkat nasional.