EXPO TEKNOLOGI TEPAT GUNA JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN



28 Nov 2023




Selasa Legi, 21 November 2023 Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan semester VII kelas reguler dan semester VI kelas Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) mengadakan kegiatan Expo Teknologi Tepat Guna dengan tema “Eco Tech Expo : Environmental Health Smart Innovation” pada SMA Negeri 1 Godean yang bertujuan untuk memberikan siswa/siswi edukasi yang lebih mendalam tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mengatasi tantangan lingkungan dan kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat saat ini.  Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Kelas Reguler dan RPL, Tamu Undangan yang terdiri dari Ketua Jurusan, Penanggung Jawab Promosi CDC dan Kerjasama, Dosen Mata Kuliah Rekayasa Sanitasi & Teknologi Tepat Guna, Narasumber Eksternal dan Delegasi HMJKL.

Acara Expo diawali dengan pembukaan yang di pandu oleh waldana dan Noviana selaku MC, dimulai dengan pertunjukkan tari dari mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa oleh Farhan, dilanjut dengan kata sambutan dari Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta oleh Bapak Dr. Bambang Suwerda, SST, M.Si, lalu kata sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 1 Godean yang diwakili oleh Ibu Widiyati, S.Pd.

Acara ini menghadirkan dua narasumber untuk mengisi materi yaitu oleh Bapak Dr. Bambang Suwerda, SST, M.Si dan Bapak Deby Nugroho, S.Pd. Jas, pada sesi ini terdapat sesi diskusi tanya jawab oleh Peggy Susiana sebagai moderator. Selesai acara diskusi peserta dipersilahkan untuk ISOMA dan kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan seni karawitan oleh siswa/siswi SMAN 1 Godean.

 Acara selanjutnya adalah penyampaian promosi kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta oleh Bapak Narto, BE.STP.MP. Selanjutnya penyampaian pesan dan kesan oleh siswa/siswi SMAN 1 Godean dan dilanjutkan penyerahan plakat oleh Ketua Jurusan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta kepada SMAN 1 Godean, kemudian dilanjut pembacaan doa dan sesi dokumentasi. 

Setelah serangkaian sesi acara selesai maka siswa/siswi SMAN 1 Godean dipersilahkan untuk melihat pameran TTG Expo oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan. Terdapat lebih dari 15 stand expo hasil inovasi mahasiswa Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Terdapat beberapa kategori tema stand yaitu Pengolahan Air Bersih, Pengolahan Limbah, Pengelolaan Sampah, Pengendalian Vektor, dan tema-tema kesehatan lingkungan yang lainnya. Siswa diberikan kesempatan untuk mengunjungi semua stand dan bertanya sebanyak mungkin untuk menggali informasi tentang alat yang dipamerkan. Siswa juga diperbolehkan untuk bertanya mengenai Jurusan Kesehatan Lingkungan sebagai gambaran untuk melanjutkan ke perguruan tinggi kelak setelah lulus dari SMA.